Berminat untuk bergabung dengan Grup Desa Diskusi Desa

Kewajiban Perpajakan Bendahara Desa

Mohon tunggu 0 seconds...
Gulir ke Bawah dan klik Pergi ke Tautan untuk tujuan
Congrats! Link is Generated
Kewajiban Perpajakan Bendahara Desa
Illustration - sarapandesa.com

Pada regulasi yang mengatur di Desa salah satunya adalah Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Dan seperti yang termatub dalam Pasal 8 menyebutkan bahwa Kaur Keuangan dalam melaksanakan fungsi kebendaharaan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak pemerintah Desa. Artinya Kaur Keuangan yang biasa disebut dengan bendahara desa mempunyai keharusan mempelajari dan mengetahui aturan tentang perpajakan terutama yang berkaitan dengan belanja di desa.

Kaur Keuangan adalah wajib pungut pajak penghasilan dan pajak lainnya, wajib menyetorkan seluruh potongan pajak yang dipungutnya ke rekening kas negara sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk itu, bendahara perlu mempelajari atau meningkatkan kapasitas diri seperti apa dan bagaimana perpajakan di desa.

Pengeluaran kas Desa atas beban belanja pegawai, barang/jasa, dan modal dikenakan pajak sesuai peraturan perundangan mengenai perpajakan yang berlaku yang dipungut oleh bendahara desa selaku kaur keuangan. Penjelasan ini secara singkat diadopsi pada Pasal 58 Permendagari tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Berikut kami bagikan Panduan Kewajiban Perpajakan Bendahara Desa yang bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

kewajiban_perpajakan_bendahra_desa.pdf4.137 KB

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Situs Diblokir
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.
Go to Link