Berminat untuk bergabung dengan Grup Desa Diskusi Desa

Format Monitoring APB Desa

Mohon tunggu 0 seconds...
Gulir ke Bawah dan klik Pergi ke Tautan untuk tujuan
Congrats! Link is Generated
Monev APB Desa
Illustration - ciptaDesa.com

Dalam regulasi, camat berkewajiban untuk melakukan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan Desa dan pendayagunaan aset Desa yang dilengkapi dengan berita acara dan daftar hadir dan dokumen tersebut ditandatangani oleh tim monitoring dan evaluasi (monev) yang ditunjuk oleh camat.

Dalam mempermudah untuk menerapkan monev pengelolaan keuangan Desa oleh tim kecamatan, berikut kami mencobba untuk memberikan kemudahan dengan bentuk format berita acara.

Namun, ini hanya sebagai refrensi pengunjung jika mau menerapkan monitoring tingkat kecamatan diwilayahnya. Mengingat Admin belum menemukan format baku dalam pengawasan pengelolaan keuangan ditingkat kecamatan.

Dokumen atau format ini disusun oleh Tim Cangkir Desa dari berbagai refresi dan diskusi serta pengalaman dilokasi masing-masing. Sekali lagi ini bukan menjadi acuan mutlak sebagai format laporan atau berita acara pelaksanan monev kecamatan.

Format monev ini juga perlu dilampirkan beberapa format lainnya yang menjadi lampiran tidak terpisahkan dari berita acara monev APB Desa ini. Sebab, dalam APB Desa banyak sumber dana yang tertuang didalamnya seperti halnya Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (PBH), Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA), penyertaan modal BUM Desa, serta lainnya. Berikut lampiran dari monev APBDes ini meliputi:

  1. Format Monev Dana Desa (DD)
  2. Format Monev Alokasi Dana Desa (ADD)
  3. Format Monev Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah (PBH)
  4. Format Monev Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA)
  5. Format Monev Infrastruktur Desa
  6. Format Monev BUM Desa

Berikut kami bagikan contoh format monev APBDes pada tahun anggaran berjalan, serta bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam perundang-undangan, Format Monitoring dan Evaluasi APB Desa bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

monev_apbdes.doc83 KB

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Situs Diblokir
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.
Go to Link