Berminat untuk bergabung dengan Grup Desa Diskusi Desa

Draft Perkades tentang Penjabaran APB Desa Tahun 2023

Mohon tunggu 0 seconds...
Gulir ke Bawah dan klik Pergi ke Tautan untuk tujuan
Congrats! Link is Generated

Perkades APB Desa 2023
Illustration - ciptaDesa.com

Definisi

Peraturan Kepala Desa adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Kepala Desa yang bersifat mengatur dalam rangka melaksanakan Peraturan Desa dan Peraturan Perundang-undangan yang lebih tinggi. Dalam posisinya sebagai peraturan pelaksana peraturan desa, Peraturan Kepala Desa hanya dapat mengatur hal-hal yang diperintahkan secara konkret dalam Peraturan Desa. Karena itu, tidak boleh mengatur hal yang tidak diperintahkan ataupun dilarang oleh Peraturan Desa. Ini merupakan salah satu bentuk pembatasan terhadap kekuasaan yang dimiliki oleh kepala desa.

Sedangkan pada posisinya sebagai pelaksana peraturan yang lebih tinggi, Peraturan Kepala Desa memuat materi yang menjadi kewenangannya atau materi yang diperintahkan atau didelegasikan dari peraturan yang lebih tinggi. Peraturan Kepala Desa tetap saja dapat mengatur materi yang tidak ditentukan dalam Peraturan Desa, namun materi itu harus tetap diperintahkan oleh peraturan yang lebih tinggi, misalnya diperintahkan oleh Undang-Undang, Peraturan Pemerintah bahkan Peraturan Daerah. Dengan demikian, Peraturan kepala Desa merupakan salah satu peraturan yang “lebih bebas” dalam menentukan substansi yang akan diaturnya, namun tetap harumempunyai dasar hukum dalam pengaturan materi tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Perkades lebih merujuk pada peraturan pelaksanaan adalah suatu produk hukum yang posisinya berada dibawah Perdes sehingga tidak boleh bertentangan dengan isi Perdes.

Perkades APB Desa

Perkades APB Desa Tahun 2023 ini merupakan penjabaran secara detail dari Perdes APB Desa 2023 yang diposting sebelumnya. Sesuai dengan pembahasan diatas bahwa perkades inilah yang melaksanakan hal-hal konkrit yang diatur dalam Perdes APB Desa.

Delam Perkades APBDes ini menjabarkan dari seluruh program dan kegiatan yang direncanakan pada tahun anggaran 2023 secara detail dari semua bidang kegiatan, sub bidang, kegiatan dan sub kegiatan sesuai dengan permendagri nomor 20 tahun 2018.

Landasan Hukum

  1. UU Desa
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014
  3. Permendagri 20 Tahun 2018
  4. Permendesa 21 Tahun 2020
  5. Perbup Situbondo Nomor 50 Tahun 2021

Berikut kami bagikan draft Peraturan Kepala Desa (Perkades) tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanaja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2023 yang bisa Anda edit untuk disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing Desa sesuai dengan kewenangan desa yang diatur dalam perundang-undangan, Draft Perkades tentang Penjabaran APB Desa Tahun 2023 bisa Anda download secara gratis dalam web ini.

perkades_apbdes_2023.doc113 KB
perdes_apbdes_2023.doc713 KB

Post a Comment

Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Situs Diblokir
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.
Go to Link